Indonesia: Beauty in Diversity

Zamrud khatulistiwa. Ada yang merasa familiar ketika mendengar istilah ini? Istilah zamrud khatulistiwa sering digunakan untuk mewakili Indonesia, seingat saya diabadikan pula di buku-buku pelajaran mulai dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilintasi garis khatulistiwa, dan karakteristik pulau-pulaunya membuat yang memandang teringat akan ‘hijau’nya zamrud. Istilah ini memang satu dari berbagai cara untuk menggambarkan keindahan dimiliki Indonesia. Apa memang seindah itu? Tentu saja. Banyak potensi keindahan di negara kita ini; baik alamnya, tradisi yang berkembang, warisan budaya, maupun situs sejarah. Memiliki berbagai potensi keindahan namun belum ada recognition rasanya belum lengkap. Maka dicetuskanlah beberapa tagline atau slogan yang singkat tetapi cukup mewakili Indonesia secara garis besar, zamrud khatulistiwa salah satu contohnya.

Bicara tentang Indonesia berarti kita bicara tentang keanekaragaman. Tulisan yang dipegang Burung Garuda sebagai lambang negara kita saja berbunyi ‘Bhineka Tunggal Ika’; berbeda-beda tetapi tetap satu. Satu, dalam keanekaragaman. Tersusun dari beribu pulau dengan demografis yang berbeda, melahirkan beragam bahasa, tradisi, budaya, dan keindahan alam yang khas. Bukankah itu semua bisa — lebih dari cukup — untuk dijadikan daya tarik Indonesia dari  sektor pariwisata?

Negara-negara di wilayah tropis seperti Asia Tenggara ini memang menawarkan eksotisme keindahan tersendiri. Tak heran negara tetangga kita juga sedang gencar mempromosikan sektor pariwisatanya. Malaysia misalnya, telah sukses menduduki posisi pertama dalam dengan jumlah kunjungan turis terbanyak se-Asia Tenggara, disusul oleh Thailand dan Singapura dan Indonesia di urutan keempat. Malaysia sukses dengan “Truly Asia”-nya. Thailand dengan “Amazing Thailand — always amazes you”. Singapura dengan “Your Singapore”. Jangan salah, Indonesia juga punya tagline macam ini; yaitu “Wonderful Indonesia”.
Tujuan dibuatnya tagline atau slogan seperti itu tak lain adalah sebagai ‘sengatan’ awal — seperti sebuah tepukan di pundak–  untuk membuat kita ‘menoleh’, kemudian melihat dan mengeksplor lebih lanjut.

Jika diminta untuk mengusulkan tagline yang representatif bagi Indonesia, apa yang muncul di pikiran? Kalau saya sih, “Beauty in Diversity”, merujuk pada keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Beribu pulau yang dimiliki menawarkan sejuta keindahan. Tengoklah dahsyatnya Ngarai Sianok di Sumatera Barat, uniknya Danau Tiga Warna di Nusa Tenggara Timur, atau pesona alam Raja Ampat di tanah Irian. Itu baru keindahan alamnya saja. Kita masih punya berbagai budaya yang menarik perhatian dunia; seperti tradisi yang berkembang di keraton Yogyakarta dan Solo, khas-nya suku Badui di Banten, dan budaya Minangkabau di Sumatera Barat. Dalam satu provinsi saja bisa bermacam-macam bahasa dan tradisi yang berkembang, bagaimana jika menyeluruh dalam ke-34 provinsi di Indonesia?

Menonjolkan keanekaragaman sebagai daya tarik pariwisata negara memang bukan proyek berskala kecil. Mencetuskan tagline saja belum cukup; harus disertai tindakan nyata untuk mewujudkannya. Masih harus dilakukan perbaikan disana-sini, seperti infrastruktur untuk mempermudah akses, pemeliharaan situs wisata/budaya, dan tentu saja meningkatkan kesadaran publik akan keterlibatan mereka dalam mengembangkan sektor pariwisata Indonesia. Kesadaran publik akan pentingnya melestarikan alam dan budaya sebagai bagian dari daya tarik pariwisata memang penting adanya, mengingat masyarakat adalah pihak yang bersentuhan langsung dengan elemen-elemen tersebut. Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah belum dapat mencapai hasil yang maksimal tanpa adanya kontribusi dari masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah hendaknya dapat merangkul publik dalam prosesnya; seperti melalui sosialisasi program yang sedang berlangsung, organisasi khusus pemeliharaan/pemberdayaan situs wisata dan budaya, ataupun melalui optimalisasi penggunaan media sosial. Dengan pelaksanaan upaya dan program yang lebih terintegrasi, diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya dari segi pariwisata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s